Saturday, November 28, 2015

Perubahan bentuk Komputer Dari Masa Kemasa

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Yang dilansir oleh NGEGUGEL.Blogspot.co.id 

Berikut Gambar Perubahan bentuk Komputer Dari Masa Kemasa

 

1. Gambar Komputer Generasi Pertama


Komputer generasi pertama ini ukurannya sangat-sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran komputer zaman sekarang. Komputer generasi pertama ini memiliki tinggi 2,4 meter dan panjangnya mencapai 30 meter. Bahkan bobot komputer ini mencapai 30 ton. Dengan ukuran komputer sebesar itu sepertinya akan lebih cocok apabila dijadikan sebuah rumah atau gudang.


2. Komputer Generasi Kedua

Pada generasi ini ukuran komputer sudah lebih kecil dan manusiawi. Komputer pada zaman ini didominasi oleh perusahaan pembuat komputer IBM. Ciri komputer pada zaman ini adalah banyak menggunakan transistor sebagai komponen utamanya.

3. Komputer Generasi Ketiga

Pada generasi ini ukuran komputer semakin kecil dengan ciri utama komputer zaman ini adalah banyak menggunakan IC (integrated circuit) sebagai penopang utama kinerja komputer ini.

4. Komputer Generasi Keempat

Pada masa ini komputer sudah mulai di produksi massal dan penggunaannya bukan hanya untuk di dunia bisnis tapi sudah merambah ke dunia rumah tangga. Dan pada era ini komputer sudah dijual bebas di pasaran. Pemain utama pada era ini adalah IBM dan Macinthos (Apple).




5. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima ini sudah mengadaptasi sistem LSI (Large Scale Integration) yang diwujudkan dalam sebuah komponen bernama mikroprosesor. Era ini diawali dengan munculnya mikroprosesor merk Intel, Motorola, Zilog, AMD dan lain lain. Komputer yang paling terkenal di era ini adalah komputer Pentium 4 yang dipersenjatai prosesor buatan Intel Corporation. Di era ini juga komputer dalam bentuk jinjing (notebook/laptop) semakin banyak diproduksi dan penggunaannya semakin marak di masyarakat.


Bagikan

Jangan lewatkan

Perubahan bentuk Komputer Dari Masa Kemasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.